Tuesday, September 1, 2015

Gaya Hidup Dalam Kesehatan (Life style care)

Gaya hidup/Life style adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas sehari-harinya, seperti minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosial dirinya. Gaya hidup merupakan frame of reference yang dipakai seseorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu terhadap dirinya.

Terutama bagaimana dia yang ingin dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan bagaimana ia membentuk image atau gambaran dirinya di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial yang disandangnya. Untuk merefleksikan image inilah, dibutuhkan beberapa status tertentu, yang sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupannya.


Fenomena status ini pokok pangkalnya adalah stratifikasi sosial, sebuah struktur sosial yang terdiri lapisan-lapisan  masyarakat :
- Dari lapisan teratas sampai lapisan terbawah.
- Dalam struktur masyarakat modern,
- Status sosial yang haruslah diperjuangkan (achieved)

- Karena diberi atau berdasarkan garis keturunan (ascribed) seperti anak raja dan orang-orang kaya lainnya.



Selayaknya status sosial merupakan penghargaan masyarakat atas prestasi yang dicapai oleh seseorang. Jika seseorang telah mencapai suatu prestasi tertentu, ia layak di tempatkan pada lapisan tertentu dalam  mata masyarakatnya. Semua orang diharapkan mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih prestasi, dan melahirkan kompetisi untuk meraihnya. Namun adalah hal yang biasanya terlupakan dalam gaya hidup yang ingin dicapai dan di jalani yaitu kesehatan. Terkadang untuk mencapai gaya hidup yang dinginkan seseorang bekerja keras untuk menggapai dan menjalaninya sehingga melupakan kesehatan tubuhnya untuk mencapai gaya hidup yang dinginkannya. Betapa penting kesehatan dalam gaya hidup ?.  Sangat penting !!!

Mempunyai gaya hidup yang kaya , moderan, dan pekerja keras. Terkadang tidak ada artinya juga apabila kita tidak bisa menikmatinya dikarenakan sakit. Sehingga muncul istilah " Kesehatan Bukan Segalanya, Namun Tanpa Kesehatan Yang Lain Tidak Ada Artinya ". Sebenarnya Kesehatan adalah segalanya ! di dalam kehidupan seseorang, coba sekarang anda pikirkan seseorang yang terlahir dengan kekurangan fisik yang tidak mempunyai kaki pastilah dia mempunyai gaya hidup yang terbatas namun selalu menjaga ambisinya dalam membentuk gaya kehidupannya bukan berarti mereka tidak mampu namun mereka mengukur terlebih dahulu diri mereka dan kesehatan mereka hingga bisa menikmati apa yang akan di capainya secara bertahap sehingga pola kesehatannya terjaga, berbeda dengan seseorang yang mempunyai fisik yang utuh akan tetapi dia selalu mengejar ambisinya karena mereasa dirinya mampu tanpa memikirkan kesehatan dirinya sehingga pola kehidupan dan gaya kehidupan yang dia jalani menimbulkan sebuah resiko akan hadir nya ketidak sehatan pada dirinya seperti aktifitas yang berlebihan bisa membuat stamina badannya menurun dan mudah terkena penyakit.

Jadi, betapa pentingnnya mengatur pola hidup agar kesehatan badan tetap terjaga dan bisa menikmati kehidupan yang kita inginkan, banyak cara mengatur pola hidup agar selalu sehat bisa saja anda browsing-browsing melalui internet untuk mengetahui pola hidup sehat seperti apa yang cocok untuk aktivitas anda tiap hari.

No comments:

Post a Comment